Spesifikasi & Harga Toyota GR Supra Terbaru 2019

PASAR BISNIS & INDUSTRI

TOYOTA - Mendengar nama Supra, mungkin sebagian orang akan langsung teringat motor bebek Honda. Namun sebelum adanya Honda Supra, Toyota sudah terlebih dahulu menggunakan nama tersebut pada mobil sport miliknya. Yah, Toyota Supra merupakan mobil sport legendaris Toyota yang selama ini dikenal memiliki mesin bertenaga monster dan desain sporty.

Setelah vakum selama belasan tahun, akhirnya Toyota meluncurkan mobil Supra generasi terbaru bernama All New Toyota GR Supra. Mobil ini telah resmi dipasarkan di Indonesia dengan membawa mesin 6 Silinder buatan BMW yang juga digunakan oleh All New BMW Z4.
Toyota menjalin kerjasama khusus dengan BMW untuk mengembangkan mobil sport terbarunya. Alhasil Toyota GR Supra menjadi mobil sport Jepang bercita rasa Eropa. Meski mesin yang dipakainya sama, namun desain keduanya jauh berbeda. BMW Z4 merupakan mobil roadster dan GR Supra merupakan mobil coupe.
Sayangnya harga Toyota GR Supra di Indonesia sangat mahal. Untuk mendapatkannya kita harus merogoh kocek melebihi 2 Miliar Rupiah. Itu artinya harga Toyota GR Supra lebih mahal dibandingkan harga BMW Z4 yang dibanderol sekitar Rp. 1.46 Miliar. Namun sebenarnya BMW Z4 yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin yang berbeda.
Pasalnya untuk pasar Indonesia, BMW lebih memilih mesin 4 Silinder berkapasitas 1.998cc dengan keluaran tenaga 257 horsepower. Di luar negeri, BMW Z4 juga tersedia dalam mesin 6 Silinder yang memiliki konfigurasi sama persis dengan mesin Toyota GR Supra. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui performanya, silahkan simak di bawah ini.

Spesifikasi dan Harga Toyota GR Supra


Interior & Eksterior

Sebelum membahas soal performa, mari kita mengulas lebih dalam soal desain. Yah, salah satu kelebihan Toyota GR Supra adalah desainnya. Mobil ini terlihat sangat sporty dengan balutan body aerodinamis dan agresif yang akan mengintimidasi mobil sport lainnya.
Toyota merancang setiap lekukan body Toyota GR Supra agar bisa mengalirkan udara secara sempurna, sehingga meningkatkan downforce untuk menjaga kestabilan saat berakselerasi. Hal ini sangat penting mengingat mesin yang dipakainya mampu mengeluarkan tenaga dan torsi sangat besar.
Lampu LED di depan dan belakang membuat tampilan mobil sport Toyota ini semakin sempurna. Sayangnya Toyota tak melengkapinya dengan fitur Sunroof. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah, karena tampilan luarnya tetap terlihat sporty, mewah, dan premium.
Sebanding dengan harga Toyota GR Supra, mobil ini juga memiliki Interior mewah dan dilengkapi beragam fitur canggih, seperti Head Up Display, Wireless Charging, dan Head Unit 8.8 inci yang mendukung teknologi Toyota Supra Connect. Lalu ada pula 10 speaker yang menjadikan kualitas audionya terasa semakin premium.
Soal interior memang tak perlu diragukan lagi. Mobil ini benar-benar mewah dan berkelas. Kemudian untuk dimensi bodinya memiliki ukuran panjang 4.387 mm, lebar 1.853 mm, tinggi, 1.292 mm, dan wheelbase berjarak 2.470 mm. Pada bagian belakang juga terpasang semacam Duck Tail dan dua lubang knalpot.

Spesifikasi Mesin


Selanjutnya untuk sektor jantung pacu, Toyota GR Supra dibekali mesin 3.0 Liter Twin-Scroll Turbocharger 6 Silinder yang dikembangkan oleh Toyota dan BMW. Mesin berkapasitas 2.998cc tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 250 kW dan torsi mencapai 500 Nm.
Berbekal mesin di atas, Toyota GR Supra mampu berakselerasi dari 0-62 mph dalam waktu 4.3 detik. Sedangkan top-speed yang mampu diraihnya mencapai 155 mph atau setara 249 km/jam. Mesin tersebut masih bisa dimaksimalkan agar tenaga dan torsinya lebih besar, sehingga mobil ini cocok sebagai mobil balap.
Mesin Toyota GR Supra juga sudah memenuhi standar emisi EURO 6. Namun apakah artinya itu, karena yang pasti pemilik Toyota GR Supra akan mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing agar keluaran suaranya lebih menggelegar. Selain itu, tersedia pula transmisi otomatis 8 percepatan dengan dukungan fitur Paddle Shift.

Handling


Gazoo Racing merupakan divisi khusus yang ditugaskan untuk mengembangkan teknologi mobil balap Toyota. Berkaca akan hal itu, maka jangan heran apabila Toyota GR Supra akan menjadi primadona baru di ajang balap mobil, terutama Drifting. Terlebih mobil ini sudah menggunakan sistem penggerak roda belakang.
Toyota GR Supra juga memiliki struktur body yang terbuat dari baja dan alumunium untuk menghasilkan kekakuan body 2.5x lebih tinggi dari Toyota 86. Suspensinya juga dikembangkan secara khusus untuk menjaga kestabilan saat bermanuver dan berakselerasi dengan memakai shock depan MacPherson strut dan suspensi belakang Multi-link yang didukung teknologi Active Sports differential.

Fitur Keselamatan


Keseimbangan dan kestabilan saat bermanuver memang sangat penting untuk sebuah mobil sport. Oleh karena itulah Toyota tak setengah-setengah dalam merancang mobil sport legendarisnya. Tak hanya itu saja, Toyota juga memperhatikan sektor keselamatan dengan menanamkan beragam fitur keselamatan terbaik.
Ada banyak sekali fitur keselamatan yang disematkan pada Toyota GR Supra, seperti sensor parkir depan belakang, kamera mundur, blind spot monitor, adaptive cruise control, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Lane Departure Alert with Steering Control.
Tak hanya itu saja, Toyota GR Supra juga memiliki 7 titik Airbags yang akan melindungi pengendara dan penumpang saat terjadi benturan dari berbagai sisi. Lalu ada pula sistem pengereman ABS, EBD & Brake Assist yang didukung rem cakram Ventilated Disc pada semua rodanya. Sedangkan untuk velgnya memakai velg ring 19 inci dengan desain sangat sporty.

Spesifikasi Toyota GR Supra




DIMENSI
Panjang4.379 mm
Lebar1.854 mm
Tinggi1.292 mm
Jarak Sumbu Roda2.570 mm
MESIN
Tipe Mesin3.0-Liter Twin-Scroll Turbocharged 6 cylinder inline
Kapasitas Mesin2.998 cc
Tenaga250 kW @ 5,000-6,500 rpm
Torsi500 Nm @ 1,600-4,500 rpm
Bahan BakarBensin
Transmisi8-speed sports Automatic
Sistem KemudiElectronic Power Steering (EPS)
Akselerasi 0-60 mph4.1 detik
Top-Speed155 mph (249 km/jam)
KAKI-KAKI
Ban Depan255/35Z-R19
Ban Belakang275/35Z-R19
Suspensi DepanMacPherson strut
Suspensi BelakangMulti-Link
PENGEREMAN
Rem DepanCakram
Rem BelakangCakram
Satu kata untuk menggambarkan kehebatan mobil sport Toyota GR Supra, yakni istimewa. Berbekal mesin 6 Silinder 3.0 Liter Twin-Scrool Turbo, tentu mobil ini mampu melesa sangat cepat. Desainnya juga aerodinamis dan desain sporty layaknya mobil sport dari Eropa. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, berapakah harga Toyota GR Supra di Indonesia ?

Harga Toyota GR Supra

Harga Toyota GR Supra BaruRp. 2 Miliar
Harga Toyota GR  Supra BekasRp. –

Toyota resmi memperkenalkan mobil ini pada ajang GIIAS 2019. Belum ada informasi resmi terkait harganya, namun Toyota mengatakan bahwa harga Toyota GR Supra akan sekitar 2 Miliar (OTR Jakarta). Harganya bisa saja lebih mahal, jadi siapkan uang lebih untuk membeli mobil sport yang satu ini.

Baca Juga : Layanan Rental Mobil Jogja Termurah 




Wajar apabila harga Toyota GR Supra sangat mahal. Mobil ini benar-benar sempurna untuk sebuah mobil sport asal Jepang. Hal ini tak lepas dari desainnya yang aerodinamis dan didukung beragam fitur keren serta canggih.

Postingan populer dari blog ini

Spesifikasi & Harga Mobil Mercedes Benz Terbaru

Pengertian Industri